Selasa, 12 Januari 2010

Istilah-Istilah Asing Di Bidang Elektronika


1. Battery Charger = Pengisi Baterai
arti : peranti yang digunakan untuk mengisi energi ke dalam baterai (isi ulang) dengan memasukkan arus listrik melaluinya. Arus listrik yang dimasukkan tergantung pada teknologi dan kapasitas baterai yang diisi ulang tersebut. Contohnya, arus yang diterapkan pada baterai mobil 12 V akan sangat berbeda dengan arus untuk baterai ponsel.

2. Mouse = Tetikus
arti : alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

3. Motherboard = Papan Induk
arti : papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

4. Robot Mobil
Kata mobile mempunyai arti bergerak, yang dimaksud dengan robot mobile adalah robot tersebut dapat bergerak secara otonomi, memiliki navigasi, dan pergerakannya yang tidak tetap tergantung dari medan jelajahnya.
Robot mobil sangat disukai bagi orang yang mulai mempelajari robot, karena membuat robot mobil tidak memerlukan kerja fisik yang berat. Untuk dapat membuat sebuah robot mobil minimal diperlukan pengetahuan tentang mikrokontroler dan sensor-sensor elektronik.
Base robot mobil dapat dengan mudah dibuat dengan menggunakan triplek, acrylic sampai menggunakan logam (aluminium). Robot mobil dapat dibuat sebagai pengikut garis (Line Follower) atau pengikut dinding (Wall Follower) ataupun pengikut cahaya (Light Follower).

5. Robot Humanoid
Robot Humanoid adalah robot yang dibuat menyerupai manusia baik bentuk dan fungsi bagian-bagian tubuhnya. Robot humanoid biasanya digunakan pada bidang hiburan. Selain itu, ada pula yang membuat robot humanoid untuk keperluan rumah tangga dan dapat pula berkomunikasi dengan manusia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar